Oleh: laurenzz | 06/04/2011

50 tips untuk menjadikan bumi kita tempat yang lebih baik

S

ebagian besar dari kita pasti paham apa itu pemanasan global dan langkah-langkah apa yang mesti kita tempuh untuk setidaknya menunda bencana akibat pemanasan global itu terjadi. Tapi karena keegoisan kitalah maka rasanya sulit untuk merealisasikan satu dari sekian banyak langkah yang kita ketahui. Atau, mungkin langkah-langkah yang Anda ketahui terlalu berat, terlalu besar, padahal Anda merasa masih perlu aktifitas atau pekerjaan yang merusak alam? Kalau begitu, inilah 50 tips kecil yang saya adaptasi dari http://www.hiduplebihmulia.com yang bisa Anda lakukan agar bumi kita tercinta ini menjadi tempat berteduh yang lebih baik dan sehat. Anda nggak perlu melakukan semuanya kok. Cukup sebagian kecil tips dibawah ini Anda lakukan sudah memberi andil yang sangat berarti.

Makanan dan Minuman

1

Kurangi makan daging. Berdasarkan penelitian, untuk menghasilkan 1 kg daging, sumber daya yang diperlukan setara dengan 15

Kurangilah mengkonsumsi daging

kg gandum!  Jadi jika Anda terbiasa mengkonsumsi daging sebanyak 2 kg dalam sebulan, maka  Anda menyia-nyiakan 30 kg gandum yang bisa untuk memberi makan 2 orang dalam tempo yang sama.  Disamping itu peternakan adalah penyumbang 18% gas co2 dunia lho! Lebih besar dari sektor transportasi (mobil, motor, pesawat, dll). Belum lagi bahaya gas-gas rumah kaca lainnya yang dihasilkan oleh aktifitas peternakan seperti metana yang 23 kali lebih berbahaya dari co2, dan gas NO yang 300 kali lebih berbahaya dari co2. Jadi, kurangilah mengkonsumsi daging. Kalau biasanya 2 kg, coba kurangi setengahnya. Nggak ada ruginya kok, bahkan lebih sehat.

2

Makan dan masaklah dari bahan yang masih segar. Menghindari makanan yang sudah diolah atau dikemas akan menghemat energi yang dibuang akibat proses dan transportasi yang berulang-ulang. Makanan segar juga lebih sehat bagi tubuh.

3

Beli sayur mayur atau daging produk lokal, karena produk lokal lebih menghemat energi dihitung dari segi transportasinya. Oya, makanan organik kecuali lebih sehat, juga lebih ramah lingkungan.

4

Daur ulang pemakaian kertas, plastik dan aluminium. Gunakan kertas pada dua sisinya, simpan baik-baik tas plastik yang sudah Anda pakai, dan gunakan lagi jika perlu. Jika Anda terpaksa membeli minuman kemasan, pilihlah kemasan yang gampang didaur ulang. Hindari sebisa mungkin kemasan yang menggunakan aluminium, karena disamping harganya tentu lebih mahal, maka energi untuk membuat 1 kaleng aluminium setara dengan energi untuk menyalakan TV selama 3 jam!

5

Membeli dalam kemasan besar lebih hemat dan lebih murah. Jika Anda hanya membutuhkan beras 20kg dalam sebulan, ajaklah saudara atau tetangga Anda untuk berbagi saat membelinya sehingga Anda bisa membeli beras dalam kemasan 100kg.

6

Matikan oven Anda beberapa menit sebelum waktunya. Jika Anda membiarkan tertutup, maka panasnya tidak akan hilang.

7

Hindari fast food. Makanan jenis ini merupakan penghasil sampah terbesar didunia. Selain itu, kebiasaan mengkonsumsi fast food juga buruk bagi kesehatan Anda.

8

Membawa sendiri tas belanja saat Anda berbelanja akan mengurangi penggunaan tas plastik/kresek. Beberapa pusat perbelanjaan di Indonesia sudah mulai mengedukasi pelanggannya dengan system seperti ini. Sambutlah iktikad baik mereka untuk menyelamatkan lingkungan.

9

Gunakan gelas yang bisa dicuci. Jika saat ini Anda terbiasa menyajikan minuman kepada tamu Anda dengan menggunakan minuman kemasan, beralihlah ke cara lama dengan menggunakan gelas kaca atau keramik yang bisa dicuci dan dipakai ulang.

10

Berbelanjalah disekitar lingkungan Anda. Dengan berbelanja di lingkungan yang dekat dengan rumah Anda, pastinya menghemat waktu dan BBM.

11

Tanam pohon setiap ada kesempatan, baik dilingkungan Anda sendiri maupun berpartisipasi dalam setiap kesempatan program penanaman pohon. Partisipasi Anda bisa dalam bentuk penyediaan bibit, dana dan lain-lain, tergantung kemampuan dan kesempatan Anda.

Di Rumah

12

Jika Anda menggunakan pendingin ruangan (AC), gunakan pengatur suhu agar Anda merasa nyaman saja. Jangan biarkan ada celah terbuka jika Anda sedang menggunakan AC, karena hal tersebut akan mengakibatkan AC bekerja lebih keras untuk mendinginkan ruangan, yang pada akhirnya memboroskan penggunaan listrik Anda.

13

Gunakan timer untuk menghindari lupa mematikan AC. Sesuaikan timer dengan jam aktifitas Anda diluar rumah. Jadi misalkan Anda berada diluar rumah jam 8.00 – 17.00, maka set timer untuk menyalakan AC  pada jam 17.00 dan set timer untuk mematikan AC pada jam 8.00

14

Gunakan pemanas air dengan tenaga surya. Meskipun lebih mahal, dalam jangka panjang akan menghemat tagihan listrik Anda.

15

Matikan lampu yang tidak terpakai dan jangan biarkan air menetes dari keran Anda. Selain menghemat energi dan air bersih, juga akan menghemat banyak tangihan Anda.

16

Gunakan lampu hemat energi. Meskipun lebih mahal, tapi mereka rata-rata lebih kuat 8 kali dari lampu biasa dan 80% lebih hemat.

17

Maksimalkan pencahayaan dari alam. Gunakan warna terang di tembok, gunakan genteng kaca dibeberapa tempat dan maksimalkan pencahayaan dari jendela.

18

Hindari posisi stand by pada peralatan elektronik Anda. Jika semua peralatan rumah tangga kita matikan (tidak dalam posisi stand by) maka kita akan mengurangi emisi co2 yang luar biasa dari penghematan energi listrik. Gunakan colokan lampu yang ada tombol on-offnya, atau cabut kabel dari sumber listriknya.

19

Jika pengisian ulang baterei HP, pencukur listrik, sikat gigi elektrik dan kamera Anda sudah penuh, segera cabut.

20

Kurangi waktu dalam membuka lemari es Anda. Untuk setiap menit Anda membuka pintu lemari es, diperlukan 3 menit penggunaan energi untuk mengembalikan suhu lemari es ke suhu yang diinginkan.

21

Hindari membeli bunga potong! Jika daerah Anda bukan penghasil bunga hias, maka dapat dipastikan bunga potong tersebut berasal dari daerah lain yang sampai ketempat Anda dengan meninggalkan “jejak” karbon.

22

Potong makanan kecil-kecil sebelum dimasak. Ukuran potongan kecil akan menggunakan energi lebih sedikit dalam memasaknya.

23

Mencucilah menggunakan air dingin. Jika Anda memakai mesin pencuci pakaian, mencucilah ketika kapasitas mesin cuci Anda terpenuhi. Hal ini disamping untuk menghemat penggunaan air dan listrik, juga untuk mengurangi pencemaran yang diakibatkan oleh ditergen yang Anda pakai.

24

Gunakan ditergen yang ramah lingkungan. Saat ini memang harganya lebih mahal dari ditergen biasa, tapi kalau Anda mampu, lakukanlah demi masa depan anak cucu kita.

25

Jika Anda sudah bosan dengan perabot Anda, jangan biarkan menjadi sampah. Bawalah ke pengrajin, lakukan modifikasi sesuai keinginan Anda, atau berikanlah kepada yang mau menerimanya.

26

Jika anak-anak Anda sudah bosan dengan mainan mereka, jangan biarkan menjadi sampah. Donasikan mainan tersebut ke anak-anak di panti asuhan. Mereka pasti dengan senang hati menerimanya.

27

Pilihlah deodorant spray atau produk-produk semprot lainnya yang tidak menggunakan aerosol. Ingat Aerosol juga penyumbang gas rumah kaca. Pilihan kemasan yang menggunakan kaca akan lebih baik.

Di Kantor

28

Jika Anda sering makan diluar kantor, hindari pemakaian bungkus makanan dari plastik atau styrofoam. Perlu Anda ketahui bahwa plastik dan styrofoam berbahan dasar minyak bumi, dan menurut penelitian styrofoam dapat menyebabkan penyakit serius pada tubuh Anda (antioksidan, penyebab kanker). Akan lebih bijaksana lagi jika Anda membawa makanan sendiri dari rumah dengan kotak makanan yang bisa digunakan berulang-ulang, dan yang pasti, lebih menghemat kantong Anda.

29

Gunakan kertas lebih sedikit. Bahan baku kertas adalah kayu yang diperoleh dari penebangan pohon-pohon di hutan. Gunakanlah email internal dan software perkantoran untuk membuat laporan internal, cetaklah  laporan/presentasi hanya jika diperlukan untuk melakukan kesepakatan dengan pihak luar.

30

Matikan peralatan elektrik kantor Anda, jangan dibuat stand by. Jika perlu cabut dari sumbernya.

31

Gunakan e-banking. Alihkan semua tagihan rekening Anda lewat email. Memaksimalkan penggunaan e-banking dan tagihan rekening lewat email akan sangat menghemat waktu dan uang Anda. Anda menyelamatkan ribuan pohon yang ditebangi untuk membuat kertas tagihan rekening dan transaksi bank Anda. Anda juga telah banyak mengurangi emisi karbon dari proses pembuatan kertas serta transportasi.

32

Bagi industri, mulailah untuk menggunakan sumber energi yang dapat diperbarui (tenaga angin, air, surya, dll). Gunakan peralatan yang hemat listrik dan hemat energi, serta buatlah kebijakan/peraturan penghematan energi dan sumber daya di perusahaan Anda. Pilihlahteknologi yang ramah lingkungan, dan lakukanlah manajemen yang baik untuk menangani limbah industri Anda. Edukasi karyawan Anda untuk terbiasa bertanggung jawab dalam penggunaan energi dan sumber daya perusahaan. Tingkatkanlah kesadaran mereka mengenai kecintaan terhadap lingkungan, tidak dengan hanya membuat peraturan dan hukuman. Berkontribusilah bagi perlindungan dan keselamatan lingkungan sebagai bagian dari Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan Anda. Lakukanlah program penanaman pohon, pembersihan lingkungan, dll. Pada akhirnya hal tersebut juga akan memberikan keuntungan bagi perusahaan Anda karena citra perusahaan Anda akan terangkat sebagai perusahaan yang beradab dan berbudaya.

Dalam Perjalanan

33

Berlibur akan sangat meningkatkan emisi karbon terutama jika dilakukan dengan menumpang pesawat. Berliburlah didalam negeri dan gunakanlah transportasi darat ! Hal ini akan banyak sekali mengurangi emisi karbon. Mengapa ? Pesawat terbang merupakan penyumbang gas rumah kaca yang paling signifikan dibandingkan dengan moda transportasi lain.

34

Kurangi perjalanan bisnis Anda. Teknologi sekarang sangat memungkinkan Anda mengadakan teleconference, juga menyediakan begitu banyak media berkomunikasi via internet. Bahkan, dengan semakin murahnya biaya internet, maka Anda akan mengurangi banyak biaya perjalanan Anda, dan tentunya, mengurangi emisi karbon Anda. Pengecualian dapat dilakukan untuk transaksi yang membutuhkan tanda tangan Anda, atau benar-benar membutuhkan kehadiran Anda.

35

Gunakan handuk hotel lebih dari satu kali. Hal ini akan menghemat pemakaian air dan juga mengurangi pencemaran akibat penggunaan detergen. Lebih jauh lagi, Anda menghemat energy dari mesin pencuci dan mesin pengering pakaian.

Mengemudi

36

Gunakan mobil antar jemput untuk sekolah anak Anda, hal ini akan mengurangi penggunaan BBM mobil/kendaraan Anda. Jika belum ada, mungkin Anda dapat memulainya dan menjadikan sebagai bisnis Anda.

37

Kecil itu indah dan hemat. Jika Anda tidak bisa lepas dari penggunaan mobil, pilihlah mobil yang irit bahan bakar, bahkan kalau perlu, mobil yang menggunakan bahan bakar bio fuel, elektrik, hybrid bahkan hydrogen, tergantung dari kemampuan Anda.

38

Ganti bahan bakar mobil Anda. Gunakan bahan bakar alami atau yang dapat diperbarui (di Indonesia tersedia bio solar dan bio pertamax. Luar biasa jika Anda bisa menggunakan bahan bakar hydrogen.

39

Cek tekanan angin ban dan jadwal service mobil Anda. Dari berbagai survey dipercaya bahwa menjaga mobil dalam kondisi optimal akan menghemat 5% penggunaan bahan bakar.

40

Sewa mobil saat diperlukan. Jika mobil bukan sarana utama Anda, maka menyewa adalah pilihan yang baik, termasuk jika Anda memerlukan kendaraan besar hanya untuk beberapa kesempatan saja. Penghematan dari cicilan atau penggunaan bahan bakar akan sangat terasa.

41

Matikan mesin saat menunggu pulang sekolah anak Anda atau saat sedang macet total. Panas saat menunggu dapat dikurangi dengan menggunakan kaca film yang banyak dijual di took asesoris mobil, atau parkirkan mobil Anda ditempat yang rindang.

42

Berbagilah! Cari rekan kerja atau teman yang area kerjanya sejalan dengan tempat kerja Anda. Anda bisa berbagi biaya perjalanan dengan mereka.

43

Belajarlah cara mengemudi yang baik. Ganti versneling lebih awal bisa mengurangi konsumsi BBM hingga 15%. Jika mendekati kemacetan atau lampu lalu lintas berhentilah perlahan, bukan dengan mengerem mendadak.

Elektronik

44

Gunakan peralatan baterei yang bisa diisi ulang. Jika terpaksa menggunakan baterei yang satu kali buang, gunakan lithium ion dan nickel metal hydride. Sangat efektif dan menghemat biaya.

45

Utamakan hemat energy pada saat membeli peralatan elektronik. Misalnya Anda akan membeli tv, pilihlah TV LCD daripada TV CRT (dengan tabung konvensional). Carilah AC dan kulkas dengan konsumsi listrik terendah dan ramah lingkungan. Saat ini tidak sulit mencari peralatan elektronik type demikian, karena produsen berlomba-lomba mengfokuskan strategi pemasarannya kearah itu.

46

Gunakan lebih lama. Jangan mudah mengganti-ganti produk elektronik Anda. Jika terpaksa dilakukan, donasikan barang yang lama.

Alat Kebersihan

47

Meskipun harga relatif masih lebih mahal, produk kebersihan yang ramah lingkungan sudah banyak yang dijual di supermarket. Pilihlah jika Anda mampu membelinya. Sebenarnya cuka dan baking soda bisa digunakan sebagai pembersih barang apapun. Larutkan cuku dengan air hangat dengan perbandingan 50:50. Larutan cuka-air tersebut dapat digunakan sebagai pembersih serba guna. Baking soda bisa digunakan sebagai penghilang bau pada karpet.

48

Pastikan rumah Anda memiliki sirkulasi udara yang baik. Ini penting agar energy dan racun disekitar kita cepat bersih, terutama saat membersihkannya.

49

Untuk kesegaran ruangan, tempatkan tumbuh-tumbuhan yang dapat hidup didalam ruangan, akan sangat membantu kesegaran lingkungan Anda.

50

Untuk penanganan barang beracun, segera hubungi dinas kebersihan atau lingkungan di lingkungan Anda.


Responses

  1. terima kasih informasinya. Salam kenal dari mbojo souvenir🙂 salam
    http://mbojosouvenir.wordpress.com/about/

  2. Terima kasih, artikel yg bagus. Boleh saya share?
    O ya, apakah ada referensi / sumbernya tertentu untuk artikel ini?

  3. Informasi yang berharga…. boleh saya share, Salam

    • silahkan sebarkan ke teman-teman yang lain


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: